Kamis, 22 Oktober 2015

PECEL LELE

Pecel  

(bukan pecel lele)

Makanan yang satu ini juga merajalela di berbagai daerah, ya benar Pecel. Tapi yang tidak asing lagi adalah pecel lele, karena hampir ada di semua kota di Indonesia karena yang jualan biasanya saudara kita dari Jawa Timur. Tapi yang akan kita bahas kali ini adalah pecel asli yang terkenal merupakan masakan khas Kota Madiun Jawa Timur Indonesia yang terdiri dari aneka macam sayur-sayuran seperti bayam, tauge, kacang panjang, kemangi, daun turi, krai (sejenis mentimun) atau sayuran lainnya yang dihidangkan dengan disiram sambal kacang. Makan pecel sih paling enak dengan pelengkapnya seperti rempeyek kacang, mendoan, daging ayam, telor ceplok, atau jeroan.
Ada berbagai variasi bentuk pecel; Misalnya saja pecel Banyumas yang punya ciri ada taburan biji lamtoro, atau irisan bunga kecombrang yang telah dikukus.
Masih di seputaran daerah Banyumas antara lain Slawi dan Tegal makanan ini dalam penyajiannya bukan dalam bentuk sayur sayuran tetapi berbentuk rujak. Beda lagi di daerah Slawi, pecel ini berupa buah-buahan segar seperti jambu, nanas, pepaya, dan mangga dan disiram dengan saus gula merah kental.
Nah, tapi yang sering saya lihat dan teman teman tau, pecel ini asalnya dari jawa Timur, jadi ada pecel Madiun, pecel ponorogo, Pecel Lamongan, pecel Tulungagung, pecel Kediri dan pecel-pecel yang lain.
Di Jogja sendiri ada beberapa tempat spesial untuk menikmati makanan ini, salah satunya di daerah UGM, karena ada banyak penjual pecel dengan singkatan SGPC (Sego Pecel), dan tiap hari sangat ramai dikunjungi orang. Letaknya di utara fakultas peternakan UGM. Silahkan mampir dan mencoba jika anda ingin menikmati masakan ini.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar